"From Art to Human Dignity"

12 July 2009

Tentang Perkumpulan Seni Indonesia

SEJARAH
Perkumpulan Seni Indonesia (PSI) didirikan tahun 2001 sebagai komunitas oleh FX Rudy Gunawan, Seno Gumira Ajidarma, Nezar Patria, Arahmaini, dan Sita Aripurnami. Didasari oleh pemikiran pentingnya sebuah gerakan kebudayaan untuk pendidikan, proses penyadaran dan pemberdayaan masyarakat dalam penegakan hak-hak asasi, keadilan, dan kebenaran, PSI didirikan. Tujuan besarnya adalah menjaga dan memelihara keutuhan harkat dan martabat manusia. Memanusiakan kembali manusia yang mengalami dehumanisasi, baik sebagai akibat dari sistem politik yang tidak demokratis, kekuasaan yang sewenang-wenang, maupun bentuk-bentuk penindasan ekonomi, sosial, dan politik lainnya.

KONSEP DAN PRAKSIS
Semua kegiatan PSI berbentuk gerakan kebudayaan yang memakai media kesenian untuk melakukan proses pendidikan, penyadaran, dan pemberdayaan masyarakat dalam mengadvokasi atau mengkampanyekan sebuah isu human rights atau kemanusiaan. Sasaran utama program gerakan kebudayaan PSI adalah generasi muda tingkat SMA dengan tujuan membentuk sebuah generasi muda baru yang kritis, cerdas, dan apresiatif terhadap kebudayaan.

KELEMBAGAAN
  • PSI adalah organisasi yang berbentuk perkumpulan dan bersifat terbuka untuk semua partisipant tanpa membedakan agama, suku, warna kulit, dan latar belakang kebudayaannya.
  • PSI adalah organisasi para professional di bidang seni budaya yang mempunyai concern pada persoalan-persoalan sosial kemanusiaan dalam rangka penegakan hak asasi manusia.
  • PSI adalah perkumpulan di dunia seni-budaya yang tidak sekedar melakukan praksis & apresiasi seni/budaya tetapi melakukan proses penyadaran melalui berbagai bentuk ekspresi seni-budaya sebagaimana ditegaskan para pendiri PSI bahwa misi kebudayaan yang akan diusung adalah mengembangkan seni/budaya dalam konteks kepentingan mengangkat harkat dan martabat manusia.
  • Berbekal komitmen tersebut, PSI selanjutnya akan menyusun rencana-rencana dan pelaksanaan proyek-proyek kesenian yang tidak pernah terlepas dari argumentasi konsepnya sendiri.
  • PSI akan mendasarkan metode pelaksanaan kegiatannya pada kolaborasi dengan jaringan seluas mungkin di berbagai daerah untuk mengangkat persoalan-persoalan sosial yang penting dan aktual.
VISI
Terwujudnya peradaban baru bangsa Indonesia yang lebih demokratis dan menghormati hak-hak asasi manusia

MISI
Membangun gerakan kebudayaan di Indonesia, yang mampu membentuk masyarakat berkultur demokrasi yang berkeadilan, toleran, pluralis, dan menjunjung tinggi kesetaraan jender.

NILAI-NILAI
PSI menjunjung tinggi nilai-nilai humanisme, independensi, kebebasan, solidaritas, keterbukaan dan toleransi, pluralisme, transparansi dan akuntabilitas, serta pengarusutamaan keadilan jender.